Selasa, 02 April 2013

0 artikel topologi tree


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!

topologi Tree (Pohon)
topologi tree adalah gabungan dari topologi BUS dengan topologi Star. node-node yang berada pada jaringan tidak berada dalam satu level melainkan bertingkat (hierarki) maka dari itu jenis topologi ini dikenal juga dengan sebutan hierarchical topology.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHADkhuNvuqZVpiPEWBHuhraE1uuU-TpNvG1uXzf4k2QVldXTHLnlTDSatGH2PZE-gdmNfUK8eASFiNMEunBAIcoijVDkgoIMJaLDn6v87XVZKe7U7k4qaxwxyNUQvufVYyA0LXVIxECD4/s320/tree+network.jpg
node atau perangkat yang berada dalam level utama (hierarki utama) terhubung secara point to point dengan node atau perangkat yang berada dalam level sekunder (level dibawahnya). node sekunder, selain terhubung dengan node utama juga terhubung dengan node dengan level yang dibawahnya (menggunakan koneksi point to point).
dalam topologi tree , node atau perangkat utama yang berada pada level paling atas hanyalah satu-satunya level dimana tidak ada level lagi diatasnya. untuk itulah makanya level ini disebut juga dengan level root central
Kelebihan :
- scalable , level-level dibawah level utama dapat menambahkan node baru dengan mudah
- koneksi terjadi secara point to point
- manajemen mudah karena mudah melakukan identifikasi dan isolasi kesalahan dalam jaringan.
kekurangan :
- pada area yang luas sulit untuk melakukan perawatan jaringan.
- karena topologi ini adalah varian dari topologi BUS maka jika kabel backbone (kabel utama penyedia arus data) rusak maka seluruh jaringan akan down)

0 komentar:

Posting Komentar